Sejarah Maskot

No Comments

Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Maskot pada umumnya merepresentasikan kepada masyarakat luas dari sekolah, universitas, klub olah raga ataupun pengembangan atas suatu produk komersial. Setiap maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri.

Sejarah Singkat Maskot

Berawal dari organisasi keolahragaan yang pertama kali berpikir untuk menggunakan hewan sebagai bentuk maskot untuk menghadirkan hiburan dan kegembiraan bagi penonton mereka.

Maskot Piala Dunia Brazil
Maskot Piala Dunia Brazil

Seiring waktu berjalan, maskot berevolusi dari hewan pemangsa, hingga maskot fantasi dua dimensi, hingga akhirnya apa yang kita kenal sekarang, maskot tiga dimensi. Peristiwa yang mendorong perubahan ini adalah penemuan Muppets di akhir tahun 1960an. Boneka tersebut menawarkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang biasa digunakan setiap orang. Ini memungkinkan orang untuk tidak hanya kenikmatan tampilan visual tetapi juga berinteraksi secara fisik dengan maskot.

Penggunaan atas maskot sekarang telah semakin meluas dengan selalu digunakan dalam setiap acara olahraga di dunia ini, seperti Piala Dunia maupun Olimpiade sebagai bagian dari promosi dari acara olahraga saat ini. Pemilihan maskot akan disesuaikan dengan karakter dari acara yang akan dibuat ataupun dari organisasi, klub, maupun lembaga yang akan menggunakan maskot sebagai alat untuk berpromosi.

Kata ‘maskot‘ berasal dari istilah Prancis ‘mascotte‘ yang berarti pesona keberuntungan. Ini digunakan untuk menggambarkan apapun yang membawa keberuntungan. Kata itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1867 dan dipopulerkan oleh seorang komponis Prancis Edmond Audran yang menulis opera La mascotte, tampil pada bulan Desember 1880. Kata itu masuk ke bahasa Inggris pada tahun 1881. Namun, sebelum ini, istilah-istilah itu familiar bagi orang Perancis sebagai kata slang yang digunakan oleh penjudi. Istilah ini merupakan turunan dari kata ‘masco’ yang berarti penyihir atau penyihir. Sebelum abad ke-19, kata ‘maskot’ dikaitkan dengan benda mati yang biasanya terlihat seperti sekat rambut atau boneka di kapal layar. Tapi sejak saat itu hingga hari ini, istilah itu kemudian terlihat terkait dengan keberuntungan hewan, benda dll.

Referensi: Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *